Mengenal PHP Class, Object, Property & Method

Hai, πŸ˜€ Seperti kata saya pada tutorial kemarin saya akan membahas class, method, property pada PHP.

Ok, Mungkin masih ada yang belum menegerti apa itu class, object, property & method, Agar mudah dipahami, Saya akan mengibaratkan sebagai sebuah mobil ya :D.

Seperti yang kita tahu, Mobil itu terdiri dari ban, kerangka, jok, steer, spion dan lainya yang membuatnya menjadi disebut mobil. Nah, banyak juga fungsi mobil seperti jalan, rem, gas dan lainya atau dalam PHP OOP Disebut method.

MENGENAL CLASS DALAM OOP.

Aturan penulisan class dalam PHP Sama seperti penulisan variable dimana penamaan tidak boleh diawali angka atau special karakter lain selain underscore (_) dan selanjutnya biasa diikuti dengan angka atau huruf. Seperti contoh dibawah ini.

 

<?php
class mobil {
// ... isi class mobil
}
?>

 

MENGENAL PROPERTY DALAM OOP.

Property merupakan atribut atau data yang terdapat dalam class itu sendiri, JIka kita mengibaratkanya sebagai mobil maka property adalah ban, spion, steer, warna dan lainya.

Dibawah ini adalah contoh penulisan property itu sendiri.

 

<?php
class mobil {
var $spion;
var $ban;
var $steer;
}
?>

 

MENGENAL METHOD DALAM OOP.

Method dalam OOP merupakan fungsi / tindakan yang bisa dilakukan class / mobil itu sendiri sebagai contoh saya akan membuat method rem_mobil seperti dibawah ini.

 


<?php
class mobil {
var $spion;
var $ban;
var $steer;

function rem_mobil(){
// isi dari tindakan atau function itu sendiri
}
}
?>

 

Sudah paham kan strukturnya? Nah fungsi dari OOP itu sendiri diantaranya adalah

  • Membuat code program kita menjadi lebih terstruktur
  • Tidak bingung saat ada error dalam code kita
  • Mudah dalam membuat code yang hampir sama karena kita tidak harus menulis ulang codenya, kita hanya perlu memanggil function yang sudah kita buat didalam class itu sendiri

Seperti kata salah satu user stackOverFlow yang mengatakan OOP itu seperti hidup kita, Kita adalah object (manusia) KIta tinggal didalam object (rumah)Β  rumah juga memiliki object (alamat) (nomor rumah) dan rumah juga mungkin memiliki object lain seperti ruang tamu, kamar, kamar mandi, dan lainya.

Lalu apa yang membuat OOP menjadi lebih berguna????

  • Code tidak hanya akan digunakan 1 aplikasi saja, Melainkan bisa digunakan di berbagai aplikasi. Karena terdapat function function yang sudah dibuat yang mungkin akan dibutuhkan di aplikasi lainya.
  • Code anda menjadi lebih mudah dibaca.
  • Jika anda bekerja didalam tim Menggunakan OOP memudahkan programmer lain membacacode anda, dan mengerti bagaimana cara kerja aplikasi yang anda buat.

Bahkan, Menurut saya dibanding procedural programming, OOP lebih mudah di pelajar.

Jika kamu masih belum paham dengan penjelasan diatas begini saja, Anggap saja dirimu itu adalah object nah pasti kamu punya nama kan? nah namamu itu adalah property , nah lalu kamu mau jalan-jalan ke mall mungkin nah jalan-jalan itu method, Class itu hanya pembungkus misal class makan nahΒ  propertynya ada piring, nasi, lauk, sendok dan lainya, methodnya adalah memasukan nasi kemulut, menelanya, objectnya adalah makan.

Project2 saya yang menggunaan OOP dalam membangunya bisa kalian lihat di blog ini πŸ™‚ , Post selanjutnya saya akan mencontohkan pengaplikasikan OOP dalam project πŸ™‚ stay tune dan subscribe di blog ini πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment